Anak Kosan

Menjadi anak kosan itu harus mau nggak mau dilakuin, apalagi yang udah lulus SMA yang mau merantau untuk kuliah dan kerja di kota-kota besar di JABODETABEK, kosan adalah penginapan alternatif bagi perantau dari berbagai daerah yang akan mencari peruntungan di kota-kota besar alasan dari temen-temen gue milih ngekost adalah mau kemana aja deket, ke kampus deket, ke tempat kerja deket, bayar nya sesuai dengan dompet, bisa bebas, nggak ada loe nggak rame dan masih banyak lagi alasan yang biasa di keluarin untuk memilih ngekost daripada tinggal sama saudara, dan dari semua itu gue akan ngasih tau gimana sih jadi anak kosan dari awal bulan sampai akhir bulan, kenyataan manis dan pahitnya jadi anak kost itu gimana, daripada kelamaan ini gue tulis special untuk yang mau ngekost dan yang udah lagi ngekost.

Pertama kali kalo mau ngekost itu ada beberapa orang yang harus di deketin ketika udah resmi jadi anak kost untuk menjamin kehidupan ketika lagi ngekost biar hidupnya aman tenteram nyaman dan damai dari awal bulan sampai akhir bulan.


1. Ibu warteg dan bapak warkop



Ngomongin perut kalo pagi hari pasti lapar dan kata-kata yang terucap apalagi anak kost yang masih baru dia akan ngucapin "hari ini gue makan apa" kalo pagi hari tempat makan yang udah buka dari jam 7 pagi dan murah adalah hanya WARTEG, apalagi udah akhir bulan keuangan di dompet makin menipis warteg adalah salah satu alternatif untuk mengisi perut dikala lagi kelaparan. Mau nggak mau apalagi anak kost yang masih baru kalo mau keuangan nya awet sampai akhir bulan makanlah di warteg terdekat dari kostan nya.



Kalo udah kenyang menyantap makan pagi di warteg nggak lengkap rasanya kalo belum menyeruput kopi di warteg sebagai pencuci mulut sebelum berangkat ke kampus atau tempat kerja. Tapi kalo keseringan ngopi juga nggak baik juga sih buat kesehatan. Enaknya ngopi pagi itu bareng temen satu kostan apalagi yang baru memasuki dunia perkostan biar tambah akrab sama penduduk kost yang lain, sehingga terjalin tali silaturahmi yang aman tentram damai dan sejahtera beserta adil dan makmur.


Solusinya ketika awal bulan, jangan terlalu boros dalam hal keuangan kalo boros akan berdampak buruk di akhir bulan bahkan di pertengahan bulan uang di dompet udah kosoong. Makannya udah gue bilang tadi makan di warteg dan ngopi di warung kopi bareng temen kost apalagi yang masih baru, siapa tau aja tanpa di sadari udah di bayarin sama temen kost yang lebih senior. Tunjukan kalo warteg dan warkop itu bukan hanya tempat berhutang saat akhir bulan, misalnya ketika dateng ke warteg atau warkop ucapkan selamat pagi ke ibu warteg dan bapak warkop kalo bisa berbicaralah dengan menggunakan bahasa daerah dengan si pemilih warung, itu udah terhitung sebagai poin plus untuk berhutang secara halus dan benar.

2. Penghuni kost lainnya
Penghuni baru tapi masih blom kenal dan akrab sama temen kost di sekitar, gue anjurkan untuk anak yang baru ngekost di kala ada waktu kosong silaturahmi dengan penduduk kost lainnya sehingga kalo mau butuh apa-apa gampang, apalagi untuk mahasiswa yang datang sampe kosan nya tengah malam gara-gara balik ngerjain tugas atau ngongkrong sama temen kampus nya, taunya pager di kosan nya sudah di gembok. Terus nggak punya satu pun nomor kontak temen kosan yang bisa di hubungi untuk membukakan pintu pager nya, mau nggak mau balik lagi ke kampus untuk tidur di kampus, itu juga kalo nggak punya malu untuk numpang tidur di kampus walaupun hanya ada penjaga kampus doang. Solusinya untuk anak kost baru kalo mau untuk lebih deket sama penghuni sekitar tadi gue udah kasih sedikit sousi untuk pergunakannlah sebaik-baiknya waktu kosong untuk silaturahmi ke tetangga sekitar, kalo udah pada kenal semua sama pengghuni semua kost jangan lupa PDKT sama penjaga kost (kalo ada). Tiap balik malem jangan lupa bawain rokok atau 1 bungkus kopi untuk bisa membukakan pintu pager kosan, untuk mencapai indah nya tidur di kasur, sehingga nggak perlu lagi numpang tidur di kampus.

Selain itu ada kenyataan pahit yang nggak kebayang, apalagi untuk anak kost yang masih baru dalam dunia perkost-an.

Hidup di kost-an itu nggak sama kayak hidup bareng keluarga, banyak permasalahan yang harus di hadapi padahal ukuran kamar kost-an itu paling 3x4, tapi permasalahan yang terjadi bisa lebih dari 100x100, apa saja? 


Kamar kost bisa jadi basecamp
Biasanya kost yang fasilitasnya lengkap selalu dikerubungi sama temen-temen. Nah, secara tidak di sangka tempat kost lu bisa jadi tempat base camp dadakan,  biasanya temen-temen yang main ke tempat kostan lu itu untuk main PES, main kartu, ngerjain tugas, bahkan ada yang sampe numpang buat pacaran, parahnya lagi kalo kunci kamar kostan nya udah di duplikat sama temen yang biasa main ke kost-an.

Uang untuk bayar kost kepake
Orang tua lu udah mentransfer uang untuk sebulan atau setahun bagi mahasiswa untuk biaya kehidupan kuliah dan di kost-an. Tapi lu itu badung, malah minta sistem cicil ke ibu kost, terus uang nya habis untuk jajan, jalan-jalan, beli gadget, pacaran. Alhasil uang yang buat bayar kostan nya kepake buat hal yang nggak penting, dan tiap akhir bulan kalo blom bayar kostan di tagih terus sama ibu kost.

Air galon cepet abis
Salah satu shocking moment anak kost adalah ketika tau air galon nya udah abis padahal baru 2 hari lalu beli. Nama nya juga air galon abis nggak pernah bilang-bilang, suka abis tiba-tiba, maknanya kalo mau aman setiap mau beli langsung 5 galon. Air galon cepet abis ini ada konsekuensinya yang harus di terima anak kost kalo ada temen bahkan pacar mau main ke kost-an bertepatan air di galon buat minum itu abis.

Baju cucian ilang
Ini dia hal yang paling menyebalkan yang amat sangat. Bisa di kategorikan sebagai bencana besar bagi anak kost. Apalagi bajunya yang ilang bajunya bagus-bagus, soalnya sering kejadian, baju setelah pagi di cuci sebelum berangkat ngampus atau kerja, setelah balik udah ilang, bisa jadi ketiup angin atau di ambil orang. Terus kalo nyuci nya di laundry biasanya ilang gara-gara kecampur sama cucian orang lain.

Listrik, air, internet mati kareba blom bayar
Ini mah sebenernya nggak usah harus di jelasin, sering banget anak kost pernah mengalami ini. Alesannya macem-macem duitnya kepake untuk tugas, males bayarnya, duitnya kepake untuk jalan-jalan, kalo bencana ini sudah terjadi solusi nya mah nebeng aja sama temen jadi selesai semua urusan.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curva Sud vs Curva Nord

Anak muda jaman sekarang part 2

Perjalanan Der Panzer di Piala Dunia 2014 Brazil