Grup chat


Siapa bilang chat group bikin hidup lu gaul atau eksis di dunia maya? .Nggak selamanya ikut gabung di chat group itu menyenangkan, memudahkan untuk berkomunikasi antara satu kelas, satu komunitas dan lain-lain. Padahal grup chat itu cuma isinya komunikasi sih sama temen tapi becanda-becanda dari yang agak jelas sampai udah mulai ngaco, bisa berbagai informasi yang penting dan nggak penting dari tiap jam, menit bahkan detik pun bermunculan di  chat group itu, kasihan saja apalagi model kyak gue yang ikut kuliah kelas karyawan yang hampir semuanya kerja itu PASTI terganggu oleh adanya chat-chat yang nggak penting itu, mulai dari hp nya ngehang, tiba-tiba memory card nya penuh karena banyak nge-share gambar yang NGGAK PENTING. Tapi seiring perkembangan tekhnologi jaman sekarang pasti kalian risih dengan chat group, entah itu group di Whatsaap, BlackBerry Messenger, Line atau grup apapun. Pasti kalian semua pernah ngamalin hal seperti ini:

Rame Pas Kita Butuh Konsentrasi 
Obrolan di gruop itu kadang ngga nentu sama sekali dan nggak pernah kenal waktu. Ada aja 1 hari full di group obrolan semua padahal gue itu nggak ngarepin group itu rame, jadinya hapenya selalu ngasih notificiation tiap ada pesan masuk. Coba aja bayangin kalo group chat itu isinya lebih dari sepuluh orang, tiap orang masing-masing punya waktu luang yang berbeda-beda, dan ngobrolnya nggak mikirin waktu orang kerja atau lagi konsentrasi/fokus terhadap pekerjaan nya, cuma gara-gara goup itu konsentrasi nya jadi buyar. Kita jadi nggak punya waktu untuk sendiri, sementara kita juga nggak mungkin jauh dari hape karena sangat butuh banget untuk fungsi lainnya.

Hape Hang Gara-Gara Content Floading
Sering juga ada temen yang nggak bisa tuh kalo group chat berhenti berbunyi, kyaknya rasanya kosong atau sepi, giliran group nya udah mulai sepi pasti aja ada salah satu yang memainkan peran NGEBALA (NYAMPAH), entah itu berupa teks atau gambar yang nggak penting-penting banget. Waktu itu hari jumat, hari jumat dimana pekerjaan lagi ngerjain kita sebelum weekend, pas lagi enak-enak kerja tiba-tiba hape bunyi group chat lagi memulai obrolan, pas gue periksa ada yang ngirim berupa teks tapi sayangnya kata-katanya di copy-paste sehingga jadi banyak kata-katanya, sampe hape gue jadi ngehang, belom lagi ngeupload gambar yang penting bahkan ada yang nggak penting banget sama sekali.

Nggak Bisa Nolak
Ajakan untuk masuk group chat di WhatasApp atau BBM Group itu nggak ada proses persetujuannya sama sekali, sekali udah nge-invite otomatis pasti bakal langsung join ke goup itu.Sialnya itu ketika di masukan ke group chat yang orang-orangnya enggak kenal di suatu organisasi atau kelompok yang isinya orang nya masih asing atau nggak kenal-kenal amat. Sekarang kan banyak tuh kumpulan atau organisasi baru pasti aja ada yang ngajuin bikin group chat, katanya sih untuk memudahkan dalam berkomunikasi. Jadinya, chat group di hape makin banyak.

Silent Reader
Orang macam ini lah menggambarkan sifat gue, kerjaan nya cuma baca doang di group chat, kalo nggak penting atau nggak mood buat bales tuh chat paling gue baca doang nggak gue pahamin satu-satu apalagi yang tadi gue bilang pasti aja ada orang yang NGEBALA menurut gue itu nggak penting sama sekali.

Mau Left Group Tapi Nggak Enak
Ketika orang udah pusing sama kerjaan yang numpuk pada hari itu, pasti orang itu bakal ngelakuin apa aja demi kerjaan itu selese, mulai dari nggak banyak buang-buang waktu atau sehabis istirahat makan siang doi langsung cabut dari kantin untuk masuk ke tempat kerja lagi sebelum bel masuk berbunyi tujuan utamanya, demi pekerjaan nya selese tepat waktu. Tapi ada satu hal yang ngeganjel tadi gue udah bilang group chat itu nggak kenal waktu kapan aja dan waktu yang tidak di tentukan pasti aja tuh group ada aktifitas. Otomatis orang yang lagi banyak kerjaan keganggu akan hal itu, berbagai macam cara sudah di lakukan, sudah men silent biar nggak bunyi dan ngganggu buat nyelese in tugas kantor, tapi itu hape masih aja geter. Sebenernya jalan keluar untuk biar tenang dalam ngerjain tugas itu cuma satu tinggal pilih pencet menu "exit group" atau "leave group". Tapi karena kalau kita keluar dari group memunculkan hal yang lebih besar dari anggota group itu, dan selalu di hantui oleh pikiran-pikiran seperti takut di bilang antisosial, menyinggung atau apalah. Tapi sayangnya Whatsapp belom memfasilitasi untuk salah satu anggotanya untu leave group secara sembunyi-sembunyi. Karena itu lah banyak alasan yang bikin orang-orang keluar sementara dari group chat, entah itu hape nya nge hang, hape nya rusak atau lain sebagainya, tujuan utamanya bikin alasan se bagus mungkin biar bisa keluar dengan tenang dari group yang bawel.

Nggak Ada Yang Invite Group
Itu artinya lu orang yang amat, sangat beruntung sekali untuk layak hidup dan harus menerima kenyataan bahwa nggak ada satu pun yang ngajak lu join masuk ke group chat, padahal temen-temen lu nggak tau kalo lu itu punya WhatsApp dan BBM. Tapi jangan dibikin sedih, itu artinya adalah lu adalah umat manusia paling beruntung di muka bumi ini, karena nggak banyak mengalami hal-hal yang di atas itu. Tapi lu juga nggak beruntung sih nggak ada yang ngajak lu buat masuk group. atau nggak ada yang mau se gruop sama lu.

Setelah ngebahas persoalan yang timbul jika masuk ke dalam group chat dan gue juga akan ngasih tau atau ngasih pencerahan untuk lu di terima keluar dari group tanpa ada kontroversi di dalam group itu, ini dia.4 alasan ampuh demi keluar dengan aman dari grup chat tanpa ada pertanyaan-pertanyaan aneh dari teman-teman yang berada di group itu.







Sekarang gue akan cerita suka dukanya ikutan atau masuk ke dalam chat group. Chat group itu kadang-kadang nyebelin, isinya nggak penting, nggak bermutu, nggak ngerti arti dari dia nge chat itu apaan, dan beberapa member group nya suka ngeselin, iya kan?.
Belom lagi persoalan-persoalan yang sering timbul gara-gara chat di group bikin kita makin males aja ikut join yang namanya chat group.

Tapi permasalahannya, kita nggak bisa secara terang-terangan mengungkapkan perasaan yang kita rasain soal chat group itu. Alasannya karena nggak enak sama teman se-group dan takut di jauhi sama teman-teman se-group.  Apalagi kalo harus keluar dari chat group itu, wah pasti member di group akan membicarakan hal-hal yang aneh-aneh kalo keluar group, akan di bilang sombong lah, udah nggak punya solidaritas, dan nggak setia kawan. Padahal, kesetiakawanan nggak di nilai dari seberapa kita bertahan dalam sebuah chat group. Kalo kamu pengen keluar dari chat group itu ada alasan-alasan tertentu dan tanpa menyakti siapapun itu.

Hape-nya ganti, pake hape jadul

Cara pertama ini biar temen-temen di chat group itu memakhlumi atau mengerti kalo kamu nggak mau ikutan chat group karena hape nya jadul. Bilang aja ke temen-temen kamu bahwa udah mulai ganti hape, pasti teman-teman beranggapan bahwa, kamu itu manusia dari zaman purbakala. Biar alasan kamu makin kuat dan bahwa alasan kamu itu bukan omong kosong doang, ngelesnya kalo bisa jangan nanggung-nanggung. Jangan cuma bilang mau ganti hape, bilang aja mau ganti identitas diri, bahwa kamu ingin ganti kewarganegaraan, mau mengganti jati diri, dan jangan lupa bilang bahwa kamu ingin ganti ke duna ghaib. Pasti alasan itu bisa di terima dan di makhlumi sama teman-teman kamu, dan teman kamu beranggapan bahwa kamu itu manusia jadul dan GAPTEK.





Gak sengaja kepencet


"Gak sengaja kepencet" itu memang basa-basi busuk yang paling busuk. Tapi ini juga harus wajib dicoba, karena siapa tau teman-teman di chat group itu cukup bodoh buat di kibulin sama kamu. Tapi seperti itu di katakan awal dari segalanya, ngeles itu jangan setengah-setengah. Bilang saja kalo hape kamu di culik dan di sandra oleh preman, terus di leave dari group sama preman itu. Jelasin aja keteman-teman kamu, maka bukan cuma kamu saja yang bakal leave dari group, tapi teman-teman kamu bakal nge-leave kamu dari group itu.







Grup chat terlalu banyak


Dari sekian banyak alasan yang kamu keluarkan demi keluar dari chat grup. Sebelum kamu keluar dari chat grup itu harus bikin sebuah pengakuan dari grup itu, bilang aja kamu itu selingkuh di belakang mereka dan akuin saja kamu itu cuma memanfaatin grup itu buat kesenangan sendiri. Jangan lupa ungkapin soal kebaikan grup-grup itu pada kamu. Lalu pada akhirnya, sampaikanlah kalo kamu nggak panas ada di grup itu karena grup-nya terlalu banyak dan kamu terlalu jahanam untuk join ke grup itu. Kurang lebih itulah suka duka gabung di chat grup dan alasan yang logis dan dapat di percaya untuk keluar dari grup chat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curva Sud vs Curva Nord

Anak muda jaman sekarang part 2

Perjalanan Der Panzer di Piala Dunia 2014 Brazil