Tipe - Tipe Pengawas Ujian

Sebelum memasuki ruangan biasanya murid-murid udah ketakutan atau ngebayangin petugas yang ngawas ujian pengawas nya itu asik atau killernya ketahuan kalo udah jam masuk kelas. Disini gue akan ngebahas beberapa tipe pengawas selama gue memuntut ilmu dari SD sampe SMK. Dari gue yang pertama kali nyoba nyontek pertama sih masih lancar nggak ketahuan pas UTS SMP gue lagi sial ketahuan lagi asik-asik nyari jawaban di buku sampe gue nggak merhatiin kalo pengawas yang kampret itu ngeliat gue dari tadi. Tanpa banyak bubur basi lagi gue akan ngasih tau beberapa tipe pengawas ujian semoga aja yang udah baca artikel gue ini jadi lebih berhati-hati saat mau mencontek.

               Pengawas Gabut
Dasar Gabut
Pengawas Gabut alias Gaji Buta adalah pengawas yang ada di situ hanya karena terpakasa. Kalo dia bisa mancing mah lebih milih mancing daripada ngawasin ujian yang ngebosenin. Pengawas tipe kayak gini biasanya dari ruangan pengawas apalagi yang ngawas itu cowok pasti bawa koran. Setelah sampai di ruangan ujian dateng, bagiin soal terus langsung murid-muridnya di suruh ngisi absen setelah menuntaskan kewajiban nya sebagai pengawas. Setelah itu pengawas gabut ini biasanya langsung asik sendiri mulai baca koran yang baru di beli nya sebelum ngawas ujian, mainan HP main tablet atau paling parahnya tidur.


Tingkat Kemudahan Nyontek dengan Pengawas Tipe Ini: Gampang!






              Pengawas Killer

Berhati-hatilah Pada Pengawas Ini
                                                              


Ini adalah pengawas yang paling tidak ditunggu-tunggu oleh para peserta ujian. Kebalikan dari pengawas gabut, pengawas killer sungguhlah niat dalam menjalankan tugasnya. Setelah membagikan kertas ujian, pengawas killer akan berdiri di sebuah titik dimana dia hampir bisa melihat segala aktivitas peserta ujian. Setelah itu, setiap 5 menit sekali dia akan patroli mengelilingi ruangan ujian untuk mewaspadai gerak-gerik yang mencurigakan. Terkadang, dia tidak akan segan ngecek kotak pensil yang dianggap mencurigakan. Apabila ada peserta yang ketauan nyontek, dia akan langsung bersikap tegas dan membuat calon pencontek lain gemeteran!


Ciri :
-Tampang tidak bisa menjadi patokan
-Suara juga tidak bisa menjadi patokan
-Senyum tidak bisa menjadi patokan
-Sikap tidak bisa menjadi patokan
-Tidak segan pada siswa yang mengganggu atau mencontek
 
Tingkat Kemudahan Nyontek dengan Pengawas Tipe Ini: Sulit! Butuh trik nyontek yang advanced!


Pengawas Biasa Saja
Ini Baru Namanya Pengawas



Pengawas tipe ini adalah pengawas yang sangat jarang ada. Mungkin ratio kemunculannya hanya 50:1. Seperti namanya, Pengawas Asik adalah pengawas yang sangat asik dan kemunculannya sangat ditunggu para peserta ujian. Kenapa asik? Karena biasanya pengawas tipe ini melegalkan aksi mencontek. Ada dua tipe pengawas asik:
  1. Pengawas yang memang sudah dikenal baik oleh para peserta ujian sebagai pengawas yang asik. Menghadapi pengawas asik yang seperti ini, biasanya para peserta akan terang-terangan langsung nyontek
  2. Pengawas yang awalnya misterius sekali, tapi ternyata asik abis. Pengawas seperti ini biasanya mulainya diam, tapi pas ada peserta yang kasak-kusuk berusaha nyontek, dia bakal bilang “Sst…nyonteknya jangan berisik” sambil tetap membaca buku dan tidak mengalihkan pandangannya.

Ciri :
-Rapi, baik, wangi (seperti guru biasa)
-Sesekali keluar kelas
-Memperhatikan peserta ujian sesekali
-Mengecek LJK peserta UN

-Sering keluar kelas
-Sibuk sendiri
-Jarang memeriksa siswa


 

Tingkat Kemudahan Nyontek dengan Pengawas Tipe Ini: Kayaknya lebih susah gak nyontek daripada nyonteknya.
 



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curva Sud vs Curva Nord

Anak muda jaman sekarang part 2

Perjalanan Der Panzer di Piala Dunia 2014 Brazil