Liburan

Akhirnya kelar juga UAS, setelah menjalani UAS yang penuh kerja keras demi mendapatkan IP bagus di kelas bahkan terbaik di kampus. dan mandapatkan IP bagus itu tidak dengan amat penuh perjuangan mulai dari mempelajari ulang materi sampe ngerti ada yang ngadain belajar kelompok. Setelah hari UAS telah tiba jadi nggak terlalu shock karena sudah mempelajari materinya itu sebelom UAS dimulai. Setelah melewati perjuangan yang amat sangat susah ngejalanin nya otomatis semua mahasiswa butuh yang namanya liburan, banyak tipe mahasiswa yang menjalankan liburan nya dengan sukses sehingga masuk kampus tuh udah nggak terbayang pengen liburan lagi. Ada yang memanfaatkan liburnya buat ketemu dengan doi yang ngejalanin hubungan LDR, bisa pulang kampung ketemu sama bapak dan ibu di kampung, ada yang nerusin hobi nya, dan ada yang ngejar uang tambahan dengan cara lembur di tempat kerja nya.Tujuan awal liburan buat refreshing dan mencari kesenangan, apalagi buat mahasiswa yang sudah kerja mencari lemburan demi mendapat uang lebih. Tapi di jaman sekarang yang serba sibuk, jadwal sehari-hari yang bisa di pastikan amat sangat padat, sepadat mesjid kalo lagi sholat ied atau ngambil jatah qurban. Nggak mandang kalo udah kerja atau mahasiswa biasa. Nah karena kita nggak bisa liburan selamanya, jadi jangan sampe moment-moment liburan ini di jalanin dengan sia-sia. Liburan yang baik itu harus;ah meninggalkan kesan, bukan hanya lewat begitu saja, dan yang pasti liburan itu nggak perlu jauh-jauh atau mahal-mahal, yang penting hatus memenuhin 5 hal ini supaya liburannya gak sia-sia.

1. Senang dan Seru 

Dalam hidup sehari-hari yang bukan liburan aja bisa harus dan selalu bersenang-senang, nah apalagi ini lagi liburan. Jadi kalo liburan cuma bikin kesel dan nggak bikin hepi, mending nggak usah ikut liburan sekalian, kan tujuan dari libur bersenang-senang, masa pas liburan nggak senang. 

Misalnya belom apa-apa udah males duluan cuma gara-gara ada orang yang lu nggak suka ikut liburan sama lu, atau bete karena transportasi atau tempat liburan nya nggak sesuai dengan yang lu harapkan. Kalo udah gitu, saran gue lu masuk kamar lagi terus kunci pintu kamarnya, tidur terus bangun nya pas udah masuk kampus.

jadi senang dan seru itu wajib hukumnya buat lu ngejalanin liburan.

2. Kenalan Baru

Udah nggak jamannya sekarang pulang liburan cuma bawa oleh-oleh atau cuma bawa baju kotor doang. Sekarang tuh jamannya pulang liburan bawa kontak kenalan gebetan baru.

Yang namanya liburan berarti ke tempat baru, itu artinya bakalan dapet kenalan baru dan orang-orang baru. Dan tempat liburan itu pastinya di datengin dari berbagai daerah dan wilayah dengan latar kehidupan yang beda pula, jadi nggak ada salahnya ngobrol-ngobrol dan tanya-tanya sama orang yang nggak lu kenal sema sekali itu, perluas lah pergaulan, jadi lu bisa dapet temen baru. Dan nggak ada ruginya kalo punya temen banyak.

3. Pengalaman Baru

Usahain tiap liburan yang lu jalanin nggak sia-sia, minimalnya harus bisa meninggalkan kesan, jadi jangan ragu buat ngelakuin hal yang 'gila-gilaan' jangan normal-normal aja, normal is boring man. Lakuin hal yang baru atau bahkan yang lu blom pernah liat atau belom lu coba sebelom nya. Lakuin hal baru yang nggak bisa lu lakuin di kehidupan sehari-hari, bikin liburan lu lebih berwarna.

Cari tempat liburan baru juga nggak ada salahnya, apalagi di negara yang kita tempati dari kecil sampe tua, negara yang kita cintai dan negara yang di hormati negara Indonesia kita ini  ada banyaak banget gak keitung lagi. Gunanya apa? Gunanya biar dapet pengalaman baru biar hidup lu makin kaya. Nah kalo hidup lu udah kaya pengalaman, lu bisa jual tuh pengalaman lu. ualnya gimana? ya lu bisa cerita-cerita pas udah masuk kampus yang belom pernah ketempat yang lu udah datengin atau lu bisa tulis pengalaman lu dan bisa juga di pamerin poto-potonya.

4. Foto

Nah ngomong-ngomong soal foto, ada satu rule yang paling penting dalam ngejalanin liburan. JANGAN LUPA BAWA KAMERA. Kameranya kamera apa aja kamera handphone juga nggak jadi masalah yang penting kamera.
Karena suatu saat nanti, di kemudian hari lu bakal senym-senyum sendiri bukan karena gila, senyum-senyum nya gara-gara ngeliat poto-poto liburan lu sambil mengenang keseruan-keseruan yang lu lakuin dulu. Selain itu poto bisa di jadikan poto otentik kalo luudah pernah dateng ke tempat bersangkutan, jadi lu nggak dikira omdo alias omong doang. Tapi perlu di inget, pas liburan jangan kebanyakan poto  mentang-mentang kamera lu kamera digital dan memory nya gede, yang ada nanti lu kurang bisa nikmatin liburan lu itu. Berfoto-foto lah pas moment-moment  tertentu aja yang emang worth it buat dikenang. Satu lagi dan ini juga jangan sampe lupa di transfer kalo udah poto di simpan dengan baik. Cetaklah potonya kalo perlu.

5. Capek

Banyak orang ngeluh kalo balik dari tempat hiburan itu badannya pegel-pegel lah, pengen nya tidur teruslah danlah-lah lainnya. Kalo kata gue itu salah banget, kalo nggak mau capek tadi udah gue bilang mending lu masuk kamar kunci pintu kamar terus lu bangun nya pas waktunya ngampus udah masuk. daripada lu ngeluh karena capek, harusnya lu bersyukur karena capek itu adalah salahsatu indikator kalo liburan lu menyenangkan. adi buanglah jauh-jauh anggapan kalo liburan itu bikin capek aja, bawalah suasana liburan itu buat li istirahat dan santai.

Liburan itu selanjutnya buat have fun  dan seru-seruan. Dan itu semua pastinya bakal bikin capek. Mana ada seneng-seneng nggak capek, toh lu bisa ngebedain sendiri capek karena seneng itu kayak gimana, capek nya nagih.


Tapi ada juga hambatan-hambatan saat ngejalanin liburan sehingga liburan nya itu tidak berjalan dengan baik. Jadi ketika menelang liburan biasanya sudah banyak planning untuk dipersiapin mateng-mateng tapi banyak juga yang nyiapin  planning-nya kematengan dan akhirnya jadi busuk bahkan nggak jadi.
 
Kira-kira  apa aja yang bisa bikin orang gagal liburan? Semoga aja gagalnya bukan karena orang ketiga tapi gagalnya karena ini nih....



1. Nggak Ada Waktu
Bagi sebagian orang, libur itu bukan berarti mereka bener-bener libur dari segala-galanya, banyak juga yang udah ngerencanain liburan kesini kesitu tapi taunya pas libur malah ada tugaslah, kerjaanlah dan ujung nya jadi gagal total buat ngejlanin liburan yang nggak bisa di dapetin di hari biasa.


2. Nggak Punya Uang
Liburan itu memang tidak ada yang gratis, semua-muanya pasti bayar. Dan biasanya semakin seru liburan semakin besar pula buat biaya yang di butuhin buat liburan, adi susah banget nyari yang namanya liburan yang bener-bener bebas dari biaya. Ya tau sendiri anak muda kayak gue gini liburannya nggak mau ketempat yang biasa-biasa aja, pengen nya ke pulalu lah, area bermain lah, kegunung mana gitu. Mending kalo punya uang, kalo nggak punya uang ujung nya juga gagal lagi liburan  dan berakhir cuma liburan di rumah.
3. Nggak Punya Tujuan 
Seringnya, yang punya punya banyak liburan itu geng-geng yang isinya cewek-cewek. Itu sudah bisa di pastikan kompak banget rencananya. Biasanya sih masing-masing anggotanya punya opini masing-masing, mau kesini lah, mau main ketempat itulah, dan akhirnya? Yak! Gak jadi cuma gara-gara tujuan nggak jelas. Tapi nggak cuma geng cewek doang sih, banyak uga individu yang mau liburan, tapi malah bingung arah dan tujuan liburan nya mau kemana. Mulai dari timbul ada yang udah pernah kesana,  ada yang kena macet, dan lain-lain.

4. Nggak Ada Partner Liburan
Tujuan awal dari ngejalanin liburan itu cuma satu mencari kesenangan.
Tipe-tipe orang dalam mencari kesenangan itu macem-macem ada yang mau nya sendiri, ada yang mau bareng temen. Buat yang biasa traveling sendirian sih nggak masalah, bisa jalan-jalan sendiri, tapi kalo mau liburan ada temen nya sedikit ribet dan berujung nggak jadi.

5. Nggak Dapet Ijin Orang Tua
Kadang cuma buat liburan itu ada aja kendalanya , kadang nggak punya waktu lah, kadang nggak ada uangnya lah, dan giliran udah ada waktu, uang dan temen buat liburan, eeeeeeehhh nggak dapet ijin dari orang tua.

Biasanya liburan yang susah dapet ijinnya itu liburan yang jauh dan nginep, makannya susah banget dapet ijin apalagi cewek.

Ada aja yang buat bikin liburan itu selalu gagal.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curva Sud vs Curva Nord

Anak muda jaman sekarang part 2

Perjalanan Der Panzer di Piala Dunia 2014 Brazil