Earth Hour 60+



http://www.earthhour.org/
Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh Word Wide Fund of Nature (WWF). Pada hari sabtu terakhir setiap bulan Maret tiap tahunnya. Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan dirumah, dikantor, dikampus dll selama satu jam untuk mengingatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius terhadap perubahan iklim. Kegiatan yang dicetuskan oleh WWF dan Leo Burnett ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Saat itu ada 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak diperlukan. Setelah Sydney, beberapa kota besar diseluruh dunia ikut berpartisipasi pada Earth Hour 2008. Earth Hour biasa dilaksanakan pada pukul 20.30 s/d 21.30 waktu setempat.


Pesan Utama Earth Hour

Pesan dari Andy Ridley, CEO dan salah satu pendiri Earth Hour.

Enam tahun lalu, kami mulai kampanye iniEarth Hour.
Yang kini telah berkembang menjadi kampanye dengan partisipan terbesar sepanjang sejarah di dunia.
Dari awalnya 1 kota menyebar ke lebih dari 7.000 kota!
Dari 1 benua ke 7 benua!
Dari 2 juta penduduk Sidney menjadi ratusan juta penduduk dunia.
Sejak awal Earth Hour diciptakan, ia bukan hanya sekadar mematikan lampu.
Tapi untuk: 
  • Menggabungkan semua orang yang peduli membuat bumi ini nyaman ditinggali
  • Mengajak dan mengembangkan aksi yang mendukung gaya hidup lebih ramah lingkungan
  • Menciptakan komunitas global dan terus memacu momentum yang mengingatkan orang agar sama-sama berjuang untuk masa depan.
 
       Earth Hour CEO and Co-founder Andy Ridley's 2013 global launch keynote speech      http://www.earthhour.org/

                                      Earth Hour 2014 Video 60 sec http://www.earthhour.org/

                                       Video #IniAksiku Earth Hour Jakarta http://www.earthhour.org/

Partisipasi Earth Hour Tangerang 2014 http://www.earthhour.org/
Ini Aksiku! Mana Aksimu? http://www.earthhour.org/
Ini Aksku! Mana Aksimu? http://www.earthhour.org/


 
Earth Hour Indonesia 2014 http://www.earthhour.org/



MANFAAT AKSI EARTH HOUR BAGI KEHIDUPAN KITA.

http://www.earthhour.org/

Earth Hour diharapkan dapat menjadi suatu kegiatan yang bertujuan membangun keterlibatan atau mengajak masyarakat luas dalam melakukan aksi kecil yang dapat membawa suatu perubahan besar.Dari Earth Hour banyak sisi manfaat yang dapat kita peroleh.Earth Hour mencoba mengkritisi perubahan iklim yang merupakan salah satu ancaman kehidupan di Bumi yang paling signifikan. Perubahan iklim yang ekstrim dan sedang terjadi saat ini adalah pemanasan global. Pemanasan global itu dapat menyebabkan naiknya air permukaan laut, musim kemarau panjang, badai, dan perubahan besar-besaran terhadap lingkungan hidup yang telah menjadi sumber kehidupan kita. 

Satu cara untuk mengurangi percepatan pemanasan global adalah dengan membuat setiap individu melakukan perubahan gaya hidup. Karena disadari atau tidak, gaya hidup manusia yang boros energi merupakan penyumbang terbesar dari pemanasan global yang berdampak pada kerusakan alam. Manusia saat ini memang tidak bisa lepas dari listrik. Padahal listrik yang kita nikmati itu notabene paling banyak berasal dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil yang mengeluarkan CO2 atau gas rumah kaca yang mengakibatkan kenaikan dramatis temperatur rata-rata Bumi.

Manfaat lain dengan adanya earth hour ini, yaitu dapat menghemat biaya. Alasannya, karena dengan makin naiknya harga minyak bumi, batu bara dan lain-lain maka harga listrik juga naik. Dengan  adanya earth hour ini diharapkan dapat menghemat biaya. Apabila 10 persen penduduk Jakarta berpartisipasi  dalam earth hour, maka Jakarta dapat menghemat konsumsi listriknya sebesar 300MWh. Itu setara dengan mematikan 1 pembangkit listrik.

Dengan mematikan lampu selama satu jam secara bersamaaan, berarti menghemat 267,3 ton CO2, dan menghemat lebih dari 267 pohon karena 1 pohon mampu menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya. Selain itu, juga menyumbang persediaan O2 untuk lebih dari 535 orang  karena 1 pohon mampu memberikan O2 bagi 2 orang dalam 20 tahun masa hidupnya dan terakhir apabila (300MWh = 1.080.000MJ) X Rp 200/MJ, berarti menghemat hingga Rp 216.600.000.

SEGALANYA DIMULAI DARI HATI, KEPEDULIAN DAN CINTA KASIH..!!
JIKA ANDA PEDULI PADA DIRI SENDIRI, ANAK CUCU KITA KELAK DAN BUMI TEMPAT KITA BERPIJAK..
MAKA ANDA BISA TURUT SERTA MENDUKUNG AKSI EARTH HOUR 2011.
26 MARET 2011 - PUKUL 20.30 - 21.30 WAKTU SETEMPAT..!!
Akan Didukung oleh Kota Kota Besar di Indonesia :
Jakarta - Dipusatkan Di Pasar Seni Ancol + Monas,
Bandung - Area Gedung Sate
Semarang - Simpang Lima
Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makasar serta kota kota lainnya.

 5 Hal Tentang Earth Hour yang Harus Diketahui

Setiap akhir bulan Maret tiap tahun mulai pukul 20.30-21.30, beberapa penduduk di kota-kota besar, di dunia termasuk Jakarta mematikan lampu secara serentak. Hal ini Earth Hour cara paling sederhana untuk menyelamatkan bumi.

Berikut ada 5 fakta menarik dari Earth Hour:

1. Logo 60+
Sebelomnya logo Earth Hour hanya menggunakan angka 60 saja bermotif Planet Bumi untuk me- lambangkan 60 menit. Sejak tahun 2011 logo tersebut mendapatkan tambahan tanda + (plus) di- belakang 60. Hal ini mempresentasikan Earth Hour untuk mendorong publik untuk melakukan aksi lanjutan setelah satu jam mematikan lampu berakhir.

2. Dilakukan hari Sabtu
Earth Hour diselenggarakan hari Sabtu agar tidak mengganggu aktivitas orang yang bekerja hingga larut malam di hari kerja (Senin-Jum'at). Selain karena alasan produktivitas kaum pekerja, alasan kenyamanan pun menjadi pertimbangan.
Hari Sabtu adalah hari libur yang umumnya digunakan oleh anggota keluarga untuk berkumpul bersama dirumah. Tim kampanye Earth Hour berharap setiap anggota keluarga, siapapun mereka, berapapun usianya berpartisipasi mengambil langkah simpel untuk menyelamatkan bumi sekaligus mempererat kebersamaan mereka.

3. Dilakukan akhir Maret
Akhir Maret dipilih sebagai waktu penyelenggaraan Earth Hour karena saat itu, mayoritas negara diseluruh belahan dunia sedang mengalami pergantian musim sehingga suhunya pun cukup nyaman bagi penduduk bumi jika pendingin maupun pemanas ruangan dimatikan saat Earth Hour.
Selain itu, di akhir Maret rata-rata semua belahan dunia sudah cukup gelap sekitar jam 20.30-21.30 sehingga efek Earth Hour akan sangat terasa. Lain halnya jika dilakukan di pertengahan tahun dimana negara-negara tertentu masih terang hingga jam delapan malam.

4. Mengapa Jakarta?
Selain statusnya sebagai ibu kota dengan beberapa bangunan ikonik yang dapat dipadamkan, Jakarta juga merupakan konsumen listrik terbesar di Indonesia. Lain halnya jika melakukan perbandingan antar pulau maka wilayah Jawa-Bali adalah konsumen listrik terbesar di Indonesia. 
5. Manfaat Earth Hour atau jika melakukan efisiensi energi listrik?
Mayoritas listrik yang kita nimati masih dihasilkan dari pembakaran sumber daya yang tidak terbaru- kan (minyak bumi dan batu bara). Padahal, kita tahu bahwa ketersediaan bahan bakar semakin menipis dan dampak pembakarannya pun menghasilkan emisi yang mempercepat laju pemanasan global.
Untuk menghindari kerugian yang lebih luas akibat pemanasan global, ada dua cara yang bisa kita lakukan, yaitu efisiensi energi dan konversi energi ke sumber terbarukan. Earth Hour merupakan salah satu wujud efisiensi energi yang bisa dilakukan semua orang secara sederhana.
Bayangkan kalo 10% warga Jakarta saja melakukan penghematan listrik secara Earth Hour, energi yang dihemat bisa bermanfaat memenuhi kebutuhan listrik di 900 desa dan menyediakan oksigen bagi 534 orang.

Manfaat Besar dari Aksi Kecil Earth Hour

Seluruh dunia tengah memperingati Earth Hour. Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF ( World Wide Fund For Nature) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret pada setiap tahunnya. WWF meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas tindakan terhadap perubahan iklim.

Kampanye Earth Hour yang digelar di Indonesia pada hari Sabtu, 26 Maret 2011 pukul 20.30-21.30 WIB, diperkirakan mampu menghemat daya listrik hingga 66,1 Mega Watt (MW) dari rata-rata puncak listrik Jawa-Bali sebesar 18.200 MW. Kota Semarang menjadi bagian dari 4.616 kota di 128 negara yang berpartisipasi dalam kegiatan Earth Hour. Selain Semarang, kota-kota lain di Indonesia yang memperingati Earth Hour selama satu jam, yakni Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Ternyata, beberapa mahasiswa Polines juga peduli dan merasakan manfaat dari gerakan Earth Hour ini. “Ada beberapa manfaat dari Earth Hour ini salah satunya hemat energi dan juga mengurangi dampak efek rumah kaca,” Ujar Sekti, mahasiswi Polines semester 2 kelas PPG. Sedangkan menurut mahasiswa Polines jurusan teknik mesin yang bernama Rifky, Earth Hour mencoba memperbaiki perubahan iklim yang merupakan salah satu ancaman kehidupan di bumi yang paling signifikan yaitu Global Warming. “Manfaat lain dari Gerakan Earth Hour ini adalah menghemat dana yang biasanya banyak mengucur ke listrik,” kata Rifky.
Pada intinya gerakan Earth Hour ini mengingatkan seluruh orang di dunia bahwa aksi kecil ini harus terus dibuktikan setiap hari secara efektif untuk mengurangi dampak efek rumah kaca dan diikuti dengan gaya hidup yang ramah lingkungan[Riri-mgg]
 


Mayoritas energi listrik yang kita nikmati masih dihasilkan dari pembakaran sumber daya yang tidak terbarukan (minyak bumi dan batu bara). Padahal, kita tahu bahwa ketersediaan bahan bakar tersebut semakin menipis dan dampak pembakarannya pun menghasilkan emisi yang mempercepat laju pemanasan global.

Baca selengkapnya http://www.infospesial.net/410/5-hal-tentang-earth-hour-yang-harus-diketahui/ /infospesialcom @infospesia
mulai dari jam 20.30-21.30, beberapa penduduk kota - kota besar di dunia, temasuk Jakarta mematikan lampu secara serentak. Hal ini disebut Earth Hour cara paling sederhana untuk menyelamatkan Bumi.

Baca selengkapnya http://www.infospesial.net/410/5-hal-tentang-earth-hour-yang-harus-diketahui/ /infospesialcom @infospesial
mulai dari jam 20.30-21.30, beberapa penduduk kota - kota besar di dunia, temasuk Jakarta mematikan lampu secara serentak. Hal ini disebut Earth Hour cara paling sederhana untuk menyelamatkan Bumi.

Baca selengkapnya http://www.infospesial.net/410/5-hal-tentang-earth-hour-yang-harus-diketahui/ /infospesialcom @infospesial
mulai dari jam 20.30-21.30, beberapa penduduk kota - kota besar di dunia, temasuk Jakarta mematikan lampu secara serentak. Hal ini disebut Earth Hour cara paling sederhana untuk menyelamatkan Bumi.

Baca selengkapnya http://www.infospesial.net/410/5-hal-tentang-earth-hour-yang-harus-diketahui/ /infospesialcom @infospesial

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curva Sud vs Curva Nord

Anak muda jaman sekarang part 2

Perjalanan Der Panzer di Piala Dunia 2014 Brazil