Begadang

Apakah kalian suka begadang? 

Tidak seperti Pengertian Iskemik, pengertian begadang mungkin sudah pada tahu, karena begadang adalah hal yang umum terjadi bahkan mungkin kalian adalah salah satu orang yang doyan dan suka sekali begadang. Definisi begadang atau pengertian begadang ini gue tulis untuk membantu kalian yang sedang mencari tahu apa sih itu maksud begadang dalam arti kalimatnya.

Pengertian begadang, sebenarnya arti begadang dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu makna begadang secara verba dan makna begadang yang menjurus pada maksud yang lainnya.

Begadang adalah perkataan yang digunakan untuk mendefinisikan kebiasaan seseorang yang tidak tidur sampai larut malam atau bahkan terjaga sepanjang malam.

Banyak orang yang memiliki hobi begadang, baik itu sekedar begadang atau memang mempunyai pekerjaan di malam hari sehingga harus begadang.

Begadang itu lebih enak dan asyik dari segala-galanya, asyiknya itu kalo lagi mood buat ngerjain tugas atau pekerjaan lebih tentram aman dan damai, karena gangguan nya udah pada tidur sebagian yang ada di rumah. Begadang itu lebih asyik kerena dukungan makananya mencukupi bagi kaum yang begadang, makananya seperti Martabak Special, Roti Bakar, di tambah lagi minuman nya seperti kopi dan air putih. 

Apalagi sekarang lagi ada ajang Piala Dunia 2014 dan udah mulai libur semester kyak gue yang lagi ngejalanin masa-masa liburan semester, Piala Dunia dan nggak lama lagi di dukung sahur ramadhan. Jadi makin semangat aja buat bangun sahur karena ada tayangan Piala Dunia daripada nonton acara sahur yang nggak jelas dan nggak tau itu tujuan acara nya mau ngapain.

Tapi bagi kalian yang maniak begadang kyak gue ini ada beberapa tips dari gue, walaupun begadang tapi harus tetap menjaga kesehatan tubuh agar tetep fit saat melaksanakaan kegiatan sehari-hari. Berikut ini tips bgegadang tapi badan kalian tetap fit.

     Jangan Kekurangan Tidur

Tidur sama pentingnya dengan makan dan minum, jika kalian kurang tidur maka tubuh akan amat sangat mudah terasa lelah dan mudah diserang berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, pastikan anda tidur siang dulu secukupnya. Kalo nggak bisa tidur siang, tidurlah dari jam 8 malam, lalu ketika pertandingan sudah mau mulai baru kalian bangun. 





                Siapin Cemilan

Merasa amat sangat nikmat sekali saat begadang nonton bola, ngerjain tugas dan pekerjaan di temani oleh salah satu penggoda perut ini, demi terhindarnya kelaparan di tengah malam. Kalo begadang hampa dan kosong tanpa cemilan rasanya amat sangat kurang lengkap sekali. Tidak bisa dipungkiri, selama begadang menonton pertandingan bola, perut akan terasa lapar dan biasanya banyak yang suka ngemil untuk mengisi perut dan juga untuk meramaikan suasana nonton bola. 






    Banyak Minum Air Putih

Ketika tubuh kalian dipaksa untuk begadang maka tubuh akan rentan terhadap dehidrasi. Oleh karena itu, ketika kalian lagi begadang jangan lupa minum air putih yang secukup nya. Minimalnya 2 gelas air putih lah, dan jangan coba-coba begadang minum-minuman yang bersoda dan beralkohol. Mengkonsumsi air putih juga dapat memberikan daya kuat pada tulang sahabat karena , air putih memberikan manfaat untuk kesehatan tulang seperti kesehatan tulang yakni air putih dapat membantuk membentukan sel-sel baru pada tulang.


   Jaga Jarak Pandang Mata

Kesehatan mata juga amat sangat perlu diperhatikan. Orang yang sering begadang memungkinan ke- mampuan penglihatan matanya bisa berkurang hal itu dikarenakan kurang tidur atau terkena sinar yang dipancarkan oleh televisi. Maka dari itu jaga jarak pandang mata kalian dari televisi, sebelom begadang basuh muka dulu agar lebih segar.



Bila kalian sering begadang, mulai sekarang harus mengurangi kebiasaan tidak sehat ini itu. Sebab,efek yang di timbulkan oleh begadang itu sendiri sangatlah buruk untuk kesehatan.

Sesuai dengan lirik lagu Rhoma Irama, ''Bila sering kena angin malam,segala penyakit akan mudah datang..''
Ini lah efek - efek yang timbul bila kalian banyak begadang : 

  • Kurang Konsentrasi
Bila kamu kurang tidur,biasa nya pikiran tidak tenang. Bawaan nya selalu ingin menguap lebar - lebar. Berpikir lambat,dan tidak maksimal,sehingga mengganggu konsentrasi.
Baik di saat belajar,mau pun bekerja.
  • Selalu lapar

Hasil penelitian,bila kurang tidur,maka itu mengganggu kadar gula dalam darah,dan mengakibatkan tubuh memproduksi leptin (hormon pengendali nafsu makan) dalam jumlah yang sedikit,dan memproduksi ghrelin (kebalikan dari leptin) dalam jumlah banyak. Akibatnya bisa di tebak,kamu akan sangat mudah lapar.
Selain itu,kurang tidur bisa melenyapkan hormon pengatur nafsu makan. Maka,keinginan untuk makan akan meningkat drastis. Ini  bisa menimbulkan masalah berat badan berlebihan
  • Mudah sakit

Orang yang kurang tidur itu,biasanya mudah sakit. Itu karena sistem imun mereka yang melemah,sehingga mudah terserang penyakit,atau mudah terinfeksi penyakit.
 
  • Emosi labil

Hasil studi menunjukkan,kalau kita kurang tidur,kita lebih sering merasa sedih,karena otak lebih banyak menyimpan memori negatif,daripada ingatan positif yang membahagiakan.
Ini membuat emosi kita tidak stabil,dan mudah marah atau menangis
  • Ceroboh

Para ahli mengungkapkan,kurang tidur akan membuat kemampuan motorik kita melambat,dan kurang gesit.
Akibatnya,kita akan sering gugup,menabrak atau menumpahkan sesuatu.
  • Imun melemah

Bila kurang tidur,maka sistem imun tubuh akan melemah,dan kita akan mudah sekali sakit.
Hasil dari studi JAMA, mereka yang tidur kurang dari 7 jam per malam bisa 3 kali lebih rentan mengalami rasa dingin. Penelitian lain menemukan, pada pria yang kurang tidur akan mengalami kegagalan untuk menjaga respon imun atau kekebalan tubuh secara normal setelah menerima suntikan flu.
 
  • Rentan terkena diabetes

Diabetes atau kencing manis (ada juga yang menyebutnya darah manis,sering di singkat dengan istilah DM)
Dalam penelitian yang di lakukan oleh Universitas Chicago AS,mereka yang tidur kurang dari 6 jam per malam,akan mengalami metabolisme gula yang tidak semestinya,yang berpengaruh terhadap produksi insulin yang berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah.
  • Stres meningkat
Studi yang dilakukan Universitas Chicago juga menemukan ‘menutup mata’ kurang dari 7 jam bisa meningkatkan produksi kortisol atau hormon stres
  • Wajah terlihat tua
Mereka yang kurang tidur biasanya memiliki kulit yang pucat dan wajah lelah.
“Lebih buruk lagi, peningkatan kadar kortisol dapat memperlambat produksi kolagen yang memicu terjadinya keriput lebih cepat,” kata Jyotsna Sahni, MD, ahli masalah tidur di Canyon Ranch, Tucson.
  
  • Lebih tinggi resiko terkena kanker
Olahraga membantu mencegah kanker, tetapi terlalu sedikit memejamkan mata dapat merusak efek pelindungnya.
Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health studi meneliti hampir 6.000 wanita selama sekitar satu dekade dan menemukan bahwa penggemar olahraga yang tidur 7 jam atau lebih sedikit per malam memiliki kesempatan lebih besar 50% mengidap kanker daripada mereka yang rutin melakukan senam dan memiliki kualitas tidur yang baik.
 
Ada juga loh dampak positif dari begadang, walau sebenarnya begadang itu tidak terlalu baik.. Yuk. Yoo... kalian semua pasti ada yang suka atau sering atau bahkan selalu begadang.. Yah sebenarnya gue juga sering melakukanya, gue selalu berfikir bahwa begadang hanya berdampak negatif.
 
Dampak Positif Begadang 
1. Membantu Proses Pembakaran Kalori, Para ahli mengatakan bahwa begadang dapat membakar kurang lebih 135 kalori.. Jumlah itu setara dengan berjaman 3 KM. Jadi berguna untuk memperkurus tubuh jika terap bangun pagi.. Selain itu begadang dapat melatih organ tubuh..
 
2. Hidup anda serasa lebih lama, karena sesuai anjuran dokter tubuh manusia membutuhkan waktu tidur untuk istirahat adalah 6-8 jam perhari, bisa sobat hitung dalam 1 tahun berapa lama waktu yg kita gunakan untuk tidur : 8 jam x 365 hr = 2.920 jam atau sama dengan 121 hr dalam setahun.
3. Menambah wawasan & pergaulan,  tentunya temen2 yg begadang malam atau nggak bisa tidur pada malam hari akan mencari tempat hiburan, missal warung kopi, caffee, dan jika di dunia maya seperti facebook dan twitter. hal ini secara tidak langsung anda akan bertemu dengan  komunitas baru atau kenalan baru yg pastinya akan menambah wawasan & pergaulan anda.
Namun, Dari segi manapun begadang tetap lebih buruk dampak negatifnya.. sehingga menjadikan begadang merupakan hal yang kurang baik... Tapi ada dampak positifnya.. Jadi.. Jangan lah sering - sering begadang!
 
 












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curva Sud vs Curva Nord

Anak muda jaman sekarang part 2

Perjalanan Der Panzer di Piala Dunia 2014 Brazil