Lambatnya Koneksi Internet

Belakangan ini gue merasa koneksi internet di tempat gue agak lambat, mau download lambat, upload lelet, buka youtube pending. Ternyata bukan gue doang yang ngerasa internet lambat, kayaknya hampir di seluruh Indonesia merasakan hal yang sama kayak gue merasakan, LAMBATNYA KONEKSI INTERNET.

Koneksi Internet Indonesia yang masih relatif lambat menjadi pertanyaan dan kecemburuan masyarakat jika kita membandingkannya dengan negara negara tetangga lainnya. Sebelum membahas negara kita, gue akan menginformasikan pada kalian semua bahwa kecepatan internet di negara–negara maju di dunia telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari kuartal lalu. Jika dihitung, peningkatan tersebut telah mencapai 10% dari kecepatan lalu yang menjadi 3,6 Mbps. Dan faktanya, rata–rata kecepatan internet tersebut masih jauh diatas kecepatan internet di Indonesia yang hanya mencapai 1,5 Mbps. Angka 1,5 Mbps ini membuat Indonesia menempati posisi nomor dua dari bawah dari 122 negara yang terdaftar di Akamai Intelligent Platform. Urutan paling bawah diantara 122 negara diduduki oleh negara India. Selisih kecepatan internet antara Indonesia dan Indiapun bisa dibilang sangat tipis yaitu hanya 0,1 Mbps. Jadi, India memiliki kecepatan internet 1,4 Mbps yang akhirnya membuat negaranya berada diurutan paling bawah dari 122 negara. Di Asia Pasifik, koneksi internet tercepat diduduki oleh Korea Selatan yaitu berkisar 22.1 Mbps. Angka tersebut berhasil mengalahkan kecepatan negara Asia Pasifik lainnya seperti Filipina, Vietnam, Malaysia, Thailand, Selandia Baru, China, Singapura, Taiwan, Hongkong, Australia dan Jepang. Kecepatan internet 22,1 Mbps tersebut membawa Korea Selatan menjadi negara nomor satu yang memiliki koneksi internet tercepat. Tampaknya, setiap tahunnya Korea Selatan memang sudah berhasil menjadi negara dengan koneksi internet terngebut. Kecepatan internet di berbagai negara tak lepas dari pengaruh serangan yang dilakukan para cyber dari berbagai negara. Negara China adalah negara yang menjadi negara pertama sumber serangan cyber. China memegang andil dalam penyerangan hingga 35persen tottal serangan cyber yang ada didunia. Setelah China, Amerika serikat menjadi sumber serangan cyber yang kedua dan mencapai angka 20% dari total serangan yang terjadi. Kemudian, pada posisi ketiga ditempati oleh Indonesia sebagai negara sumber serangan cyber didunia. Indonesia memberi pengaruh sebesar 20% dari total serangan yang terjadi.

Namun, pernahkah kalian timbul suatu pertanyaan dalam pikiran kalian "Mengapa koneksi internet di Indonesia lambat dan mahal?" Nah,  gue akan ngasih sedikit penjelasan faktor penyebab koneksi internet di Indonesia Lambat dan Mahal.

1. Belom Memiliki Koneksi Internasional 

Indonesia tidak memiliki koneksi langsung ke jaringan Internasional atau bisa disebut Tier-1 yang berpusat di Amerika. Sehingga koneksi internet harus melalui beberapa negara terlebih dahulu seperti Singapura, Hongkong, Hawai, dan berakhir di Amerika, dikarenakan mahalnya koneksi maka satu jalur koneksi harus dibagi ke beberapa user sehingga menyebabkan koneksi lambat, jika Indonesia memiliki koneksi langsung ke Tier-1 maka negara-negara seperti yang disebutkan diatas mendapat-
kan pesaing, sehingga harga bandwith saling berkompetisi. Disamping itu untuk layanan internet yang berbasis satelit, harus menggunakan satelit dalam negeri seperti 2 operator internet yang menyediakan layanan internet yang notabene tarifnya mahal. Sebagai perbandingan tarif internet Indonesia 48 kali lebih mahal dari Singapura.
 
2. Tingginya Tingkat Pengguna Internet di Indonesia 
 
Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak ke-8 di dunia, dan untuk wilayah Asia Pasifik, Indonesia berada di posisi ke-4 setelah Cina, India dan Jepang. Ada sekitar 22,4% dari seluruh total populasi Indonesia adalah pengguna internet. Hal ini merupakan suatu faktor yang membuat lambatnya internet di Indonesia, karena dengan tingginya pengguna internet menemui titik limitnya, dan otomatis koneksi internet pun lambat.
 
3. Perusahaan Operator Seluler Penyedia Layanan Internet di Indoneisa Sangat Banyak
 
Pemerintah di negara-negara lain diluar Indonesia sangat selektif dalam memberikan izin bagi operator baru yang ingin membuka sebuah perusahaan dan biasanya tidak lebih dari 5 lebih ada 9 operator seluler di Indonesia. Hal ini menyebabkan jaringan internet tidak efisien karena ikut bersaing dalam menyediakan layanan koneksi internet. Dampaknya kualitas koneksi internet yang didapat oleh pengguna akan lambat.
 
 
4. Persaingan Promo Antar Operator Seluler Penyedia Layanan Internet
 
Selain banyaknya jumlah operator seluler penyedia layanan internet di Indonesia, program promosi-
nya mempengaruhi tingkat kecepatan koneksi internet di Indonesia. Wajar saja apabila koneksi internet di Indonesia. Wajar saja apabila koneksi internet di Indonesia sangat lambat karena program promosinya bertujuan menjaring pelanggan baru cenderung membuat kualitas jaringan menurun.
 
5. Kondisi Geografis Indonesia
 
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki pulau terbanyak di dunia. Tercatat lebih dari 13 ribu pulau berada di kawasan Indonesia yang terbentang seluas1.9 km2, serta ciri khas wilayah Indonesia yang berbukit dan berlembah menjadi masalah bagi operator penyedia jaringan internet untuk membangun infrastuktur jaringan internet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curva Sud vs Curva Nord

Anak muda jaman sekarang part 2

Perjalanan Der Panzer di Piala Dunia 2014 Brazil